• UCAPAN BUNG KARNO ITU MENGHIPNOTISKU
    Ada satu ucapan Bung Karno yang pertama kali saya baca dalam kumpulan Kata-kata mutiara Bung Karno yang saya temukan di Google disalah satu.......

Reshuffle Kabinet, Sea Games dan Lemahnya SBY

Wednesday, September 21, 2011


Adakah kaitannya menggantung isu reshuffle dengan kesiapan pembangunan fasilitas Sea Games yang belum tuntas ? Kalau dibilang pengalihan isu kasus Suap Wisma Atlet Sea Games yang semakin mengerucut keatas terlalu klasik. Belum siapnya fasilitas dan sarana Sea Games jelas sangat terkait dengan kasus suap Wisma Atlet Sea Games, karena sampai saat ini dana operasional untuk kebutuhan Sea Games belum di gelontorkan Pemerintah, seperti yang diberitakan Metro Tv pagi ini.

 Pintarnya Pemerintahan SBY ini hanyalah sebatas memainkan isu yang berkembang, memenejnya dan menggantungkan isu hanya demi mempertahankan pencitraan, lebih dari itu tidak ada istimewanya pemerintahan SBY, semakin rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintahan SBY bisa dilihat dari keseharian, tanpa disurvey pun kelemahan-kelemahan itu sudah sangat terlihat, apa lagi banyaknya kasus suap yang terjadi di kementerian Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, semakin mencoreng muka Pemerintahan dibawah kepemimpinan SBY.

 Buruknya kinerja sejumlah Menteri di Kabinet Indonesia Bersatu, adalah sebuah pertanda buruknya kepemimpinan SBY, suka tidak suka SBY harus menerima kenyataan yang dihadapinya. Keburukan-keburukan yang sedang dihadapi pemerintahan SBY tidak bisa ditutupi dengan menciptakan pencitraan-pencitraan, seperti perombakan kabinet dan lain sebagainya. Lemahnya penegakan hukum dan terbukanya berbagai skandal konspirasi Eksekutif, Legislatif dan lembaga Yudikatif dalam penyelenggaraan negara, sehingga terkuaknya berbagai kasus suap dan juga korupsi secara berjamaah, yang dilakukan secara sistematis dan terencana, adalah bentuk dari kegagalan seorang pemimpin dalam melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap pemerintahannya.

 Seperti yang dikatakan Peneliti LSI, Adjie Alfaraby, mengatakan bahwa masalah pertama adalah isu korupsi di dua kementerian, yakni Kementerian Pemuda dan Olaraga serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Kasus itu kini ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi. Isu korupsi di dua kementerian itu, kata Adjie, memberikan daya rusak paling besar bagi kabinet. Hal ini disebabkan Presiden kerap mendengungkan memimpin sendiri perang terhadap korupsi.

 “Ternyata korupsi terjadi di ‘rumahnya’ sendiri. Satu dari kementerian itu justru dipimpin oleh tokoh dari partainya sendiri, bahkan pernah menjadi juru bicaranya sendiri (Andi Mallarangeng),” kata Adjie saat memaparkan hasil survei di Kantor LSI, Minggu (18/9/2011).(Kompas.com)

 Selain kasus korupsi tersebut diatas, ketidak siapan pelaksanaan Sea Games juga akan menjadi ancaman terburuk bagi pemerintahan SBY, kalau sampai benar terjadi beberapa fasilitas dan prasarana Sea Games tidak mencapai target, maka semakin tercorenglah muka Pemerintahan SBY dan itulah efek dari maraknya korupsi di Pemerintahannya yang menjadi sorotan publik.

Tidak ada jalan lain bagi SBY, SBY harus sungguh memperbaiki citra pemerintahannya, dan itu tidak bisa hanya dilakukan dengan sekedar pencitraan, merombak kabinet tidak sekedar mengganti menteri atau mengubah posisi menteri, tapi lebih dari itu.

Menuntaskan semua kasus hukum yang masih menggantung juga harus menjadi prioritas Pemerintahan SBY, kalau itu tidak dilakukan maka sampai masa akhir jabatannya, maka Pemerintahan SBY akan menerima cap sebagai Pemerintahan terburuk sepanjang Republik ini ada.

 Sebagian tulisan dikutip dari Kompas.com.
 foto:Kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Komentar Terbaru

Total Pageviews

Tamu Harap Lapor