• UCAPAN BUNG KARNO ITU MENGHIPNOTISKU
    Ada satu ucapan Bung Karno yang pertama kali saya baca dalam kumpulan Kata-kata mutiara Bung Karno yang saya temukan di Google disalah satu.......

Dialog Imajinerku dengan Bung Karno

Friday, July 23, 2010
Aku dari kecil senang sekali membaca tentang sejarah Bung Karno dari buku-buku Bung Karno Koleksi Bapakku, apapun tentang Bung Karno selalu menarik perhatianku, ini semua mulai ketika aku kelas 5 Sekolah Dasar, sewaktu SMA (tahun 1975) kalau aku disuruh Gambar Pahlawan pasti gambar Bung Karno yang aku gambar, juga sewaktu SMA pernah beberapa kali aku mimpi seakan-akan aku hidup di zamannya, aku berada disekitar Tiga Serangkai itu (Bung Karno, Bung Hatta dan Bung Syahrir) memang sedang tidak seumur dengan mereka tapi aku seakan mengikuti perbincangan mereka dari jarak yang cukup dekat walaupun sambil mengintip, pernah juga aku bermimpi seakan aku ada ditengah-tengah keluarga Bung Karno di Istana, bercengkrama dengan seluruh keluarganya dan itu juga aku masih remaja. Mimpi ini aku ceritakan kepada Bapakku…dan beliau cuma tertawa, “Ketika kamu masih bayi Bapak pernah mimpi kamu sedang digendong Bung Karno” itu katanya dan cuma itu beliau tidak cerita yang lain. “Beliau adalah orang Besar yang pantas untuk kamu kagumi” itu kata Bapakku dilain waktu.

Sampai saat ini aku sering sekali berkhayal berdialog dengan Bung Karno, membayangkan beliau berkata dan berucap seakan dia ada dihadapanku sedang aku wawancarai seperti dibawah ini :

Aku : Negara Indonesia seperti apa yang Bapak cita-citakan sebenarnya…

BK : Indonesia yang Merdeka, berdaulat dengan rakyat yang sejahtera hidup mandiri,
berdikar tanpa tergantung dengan Negara lain..

Aku : Lantas seperti apa Negara Indonesia saat ini menurut Bapak…..

BK : Tidak ada kemajuan yang cukup signifikan, bahkan sudah salah arah semangat
Nasionalismenya semakin pudar, semua cendrung menjadi Individualistis dan matrealistis..

Aku: Apa yang harus dilakukan para pemimpin saat ini agar Indonesia menjadi Negara yang berdikari..

BK : Ya menggali Potensi Alam dan memberdayakannya semaksimal mungkin, dan harus mau hidup tanpa mengutang keluar negeri dong..hidup apa adanya dengan kemampuan yang ada..

Aku: Lho kalo gitu lambat dong perkembangannya pak…

BK : Ya gak apa-apa yang penting kita tidak hidup atas belas kasihan negara lain, artinya kita
punya harga diri dan tidak mudah ditindas, Malaysia aja bisa kenapa kita tidak…

Aku : Jadi dimana salah kita selama ini pak..

BK : Salahnya pada pemimpin yang ga mau hidup sederhana, hidup diluar batas kemampuan negaranya, kok hutang negara dibuat untuk memperkaya diri…Indonesia itu Gemah ripah loh jinawi..

Aku :Bedanya apa perjuangan Bapak dulu dengan pemimpin sekarang..

BK : Perjuangan saya dulu tidak sulit karena cuma mengusir penjajah, kalo kalian sekarang lebih sulit karena menghadapi bangsa sendiri..

Aku : Kok gitu pak..sulitnya dimana..

BK : Karena musuhnya ga jelas..kalo penjajahkan jelas bangsa lain..dan juga dulu tujuannya sama untuk kemerdekaan Indonesia

Aku:Tapi Sekarang Juga Pak Rakyat belum merdeka…

BK : Tapi masak iya kalian mau lawan bangsamu sendiri ?

Aku : Apakah Bapak tidak kecewa ketika diperlakukan kurang baik oleh Rezim Orde Baru…

BK : Kenapa saya harus kecewa…sayakan sudah mempersiapkan mental saya untuk menghadapi situasi seperti itu..Saya pernah bilang melawan bangsa sendiri itu lebih sulit dari mengusir penjajah..artinya jauh hari sudah saya perhitungkan..

Aku : Bapak tidak sakit hati dikucilkan dari keluarga, sahabat juga rakyat yang Bapak Cintai….

BK : Mereka semua sudah tahu saya mampu menghadapinya..ya gak mungkinlah saya mau menghadapi bangsa saya sendiri..nanti saya dibilang Pemimpin yang berjiwa Kerdil…

Aku : Apakah Bapak Ikhlas meninggalkan bangsa ini….

BK : Saya sudah titipkan Bangsa ini pada Penerus saya… sebetulnya berat sekali karena
banyak hal yang belum dicapai Bangsa ini…beberapa Amanat UUD 45 belum berjalan
dengan semestinya

Aku : Apakah Bapak merasa didzolimi setelah super semar…

BK : Soal itu biar sejarah yang mencatatnya..kalaupun sejarah bisa dibohongi tapi Allah Swt tidak bisa dibohongi..orang yang memutar balikkan sejarah dia akan berhadapan dengan
Hukum Allah Swt…

0 comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Komentar Terbaru

Total Pageviews

Tamu Harap Lapor