• UCAPAN BUNG KARNO ITU MENGHIPNOTISKU
    Ada satu ucapan Bung Karno yang pertama kali saya baca dalam kumpulan Kata-kata mutiara Bung Karno yang saya temukan di Google disalah satu.......

Tanda-Tanda Keruntuhan Sebuah Rezim

Thursday, April 19, 2012



Seberapa lama kebohongan bisa ditutupi ? Membuat kebohongan baru untuk menutupi kebohongan yang lama adalah kesia-siaan, karena kebohongan tersebut tetap saja tidak bisa ditutupi, karena ibarat borok, semakin lama bukan semakin sembuh, tapi malah semakin membusuk.

Itulah yang dilakukan Rejim pemerintahan sekarang ini, terlalu banyak borok yang ingin ditutupi, sehingga menciptakan berbagai isu untuk mengalihkan isu yang ada, pada akhirnya yang diurus bukan lagi bangsa dan negara, tetapi malah hanya mengurusi semua kesalahan yang sudah dilakukannya. Kalau sudah demikian, maka semua amanah yang dititpkan pun menjadi terabaikan.

Terus menciptakan isu untuk sekedar mengalihkan perhatian, demi untuk mempertahankan pemerintahan dan kekuasaan, bukanlah cara-cara yang efektif untuk menutupi kegagalan, itu sama halnya dengan menggali lubang kubur sendiri, dan bisa jadi itulah tanda-tanda akan runtuhnya sebuah kekuasaan.

Tidak ada seorang pun yang bisa menunda kematiannya, demikian juga tidak ada yang bisa menunda batas akhir kekuasaannya, semakin dzolim seorang penguasa, maka akan semakin cepat pula runtuh kekuasaannya. Tanda-tanda akan runtuhnya sebuah kekuasaan selalu akan diperlihatkan-Nya, hilangnya kecintaan dan rasa hormat rakyat pada pemimpinnya, tingkat kejahatan meningkat, keamanan rakyat sudah terabaikan.

Hilangnya rasa aman masyarakat yang merupakan hak yang tidak bisa diabaikan, sehingga masyarakat serasa hidup dalam ancaman, itu sebagai bentuk dari ketidakmampuan pemerintah memelihara keamanan, jika keamanan masyarakat sudah terabaikan, maka pertahanan negara pun akan semakin rapuh.

Ketika sebuah pemerintahan sudah tidak lagi bisa konsentrasi menjalankan pemerintahan, maka apa pun yang dilakukan menjadi tidak lagi efektif, setiap kebijakan yang diterapkan pun semakin banyak salahnya, ini pun menjadi sebuah tanda akan runtuhnya sebuah pemerintahan, apa lagi masyarakat yang dikelola semakin tidak sejahtera dan semakin jauh dari kesejahteraan, dan itu artinya sudah menyalahkan amanat konstitusi.

Adakah semua ini menjadi tanda-tanda keruntuhan Rejim Pemerintahan SBY ? Sangat bisa jadi seperti itu, jika tanda-tanda tersebut memang sudah terjadi pada pemerintahan SBY. Runtuhnya sebuah kekuasaan tidaklah bisa ditunda, yang bisa menundanya hanyalah sikap dan tindakan pemerintah tersebut pada rakyatnya, semakin mengabaikan kepentingan rakyat, maka semakin cepat pula keruntuhannya.

0 comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Komentar Terbaru

Total Pageviews

Tamu Harap Lapor