• UCAPAN BUNG KARNO ITU MENGHIPNOTISKU
    Ada satu ucapan Bung Karno yang pertama kali saya baca dalam kumpulan Kata-kata mutiara Bung Karno yang saya temukan di Google disalah satu.......

66 Tahun Merdeka, Kita Tetap saja Jadi Kuli...

Monday, May 2, 2011

66 tahun merdeka, ternyata kita belum bisa melepaskan predikat sebagai Bangsa Kuli, Bangsa yang hanya mengharapkan bisa hidup dari belas kasihan Bangsa Asing, menjadi kuli Bangsa Asing. 350 tagun menjadi kuli bangsa Belanda, dan 3,5 tahun jadi kuli bangsa Jepang, setalah kemerdekaan tahun 1945 sampai sekarang, tetap saja kita menjadi Bangsa Kuli.

Bung Karno pernah mencetuskan prinsip “Berdikari” (Berdiri Diatas kaki Sendiri), bersikap dengan teguh anti bantuan asing, segala diupayakan sendiri sekalipun harus berhadapan dengan kesulitan, dengan tujuan agar tidak tergantung dengan bantuan Asing yang pada akhirnya nanti akan membelenggu bangsa dan Negara. Namun cita-cita tersebut hanya tinggal cita-cita, karena tidak ada yang meneruskan semangat tersebut.

Bangsa yang Besar ini hanya menggantungkan hidup dari Pajak Rakyat, Pijaman Luar Negeri dan Devisa TKI, sumber pendapatan lain jauh dari harapan. Padahal Negara ini sangat kaya akan Sumber Daya Alam, tapi tidak mempunyai kemampuan untuk mengolahnya. Pemimpin di Negara ini tidak pernah mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang mampu mengolah kekayaan alam. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa kita bukan tidak bisa mempersiapakn SDM, tapi ada kepentingan lain yang membuat tidak perlu mempersiapkan SDM, dengan menggunakan tenaga kerja asing, maka ada komisi yang didapat oleh pengambil kebijakan. Apakah mengandung kebenaran pendapat tersebut ? bisa jadi benar, karena mentalitas penyelenggara negara, secara umum sudah sangat diketahui oleh masyarakat.

Bagaimana mungkin kita bisa melepaskan ketergantungan dengan pihak asing, kalau hidup bermewah-mewahan sudah menjadi kebiasaan para pejabat negara, sementara loyalitas dan pengabdian serta tanggung jawabnya jauh dari harapan. Belum ada upaya yang terlihat kalau Bangsa ini berusaha untuk melepaskan diri dari ketergantungan dengan bantuan asing, upaya mensejahterakan rakyat saja baru sebatas mimpi.

Benarlah apa yang dikatakan Bung Karno tentang kelemahan Bangsa ini :“Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong”

Para pemimpin di negeri ini sudah sangat terlena dengan segala kemewahan, sehingga menjadi malas untuk sungguh-sungguh berjuang melepaskan diri dari ketergantungan pada Bangsa Asing, Bangsa Asing sudah menjadi dewa baru bagi pemimpin di negeri ini, menghamba dan meminta-minta tanpa memikirkan kehormatan Bangsa dan Negara. Bantuan yang diperolehpun tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan pembangunan Bangsa, budaya korupsi yang sudah menjangkit didalam diri pemimpin sudah mewabah pula sampai kedasar yang paling bawah, sehingga semakin sulit bagi bangsa ini untuk bangkit dari keterpurukan.

Jakarta, 1 Mei 2011

Dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia.

0 comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Komentar Terbaru

Total Pageviews

Tamu Harap Lapor